Media Pembelajaran BIPA 1
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
BIPA
A. Identitas
Pengajar : Dewi
Mata Pelajaran : BIPA 1
Sekolah :
Universitas Majalengka
Materi :
Petunjuk Arah
Alokasi Waktu : 2x40 Menit
B. Standar Kompetensi
Mendengarkan/Menyimak
C. Kompetensi Dasar
Menggunakan
bahasa yang dipelajari sesuai dengan situasi tutur secara efektif, baik untuk
tujuan sosial, akademik, maupun profesional.
D. Indikator
1.
Mengeja kata dan
frasa sederhana: arah, lokasi, lingkungan sekitar, dan aktivitas harian.
2.
Mengidentifikasi kata
dan frasa sederhana: arah, lokasi, lingkungan sekitar, dan aktivitas harian.
3.
Mengidentifikasi
isi hasil dengaran: arah, lokasi, lingkungan sekitar, dan aktivitas harian.
E.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti
materi peserta didik dapat:
1.
Mampu mendengarkan
informasi pokok yang disampaikan lawan
bicara dengan jelas
2.
Mampu merespon
informasi yang didengar dalam suatu tuturan yang disampaikan dengan jelas
·
Karakter siswa yang
diharapkan : a. Rasa ingin tahu
b. Berpikir logis, kritis, dan
kreatif
F.
Materi
Pokok/Pembelajaran
Percakapan Memberi Petunjuk Arah
Rani : Lin,
kemarin aku melihat kamu dan
Adi.
Lina : oh iya,
kemarin kami berjalan-jalan di kampus UNMA.
Rani : Kalian
pergi ke mana saja?
Lina :Kami
pergi ke GGM dan Taman Dirgantara.
Rani :
Wah, menyenangkan sekali. Taman Dirgantara itu dimana?
Lina : Tempat nya di Munjul, dekat
dengan globe besar yang ada tulisannya Majalengka Raharja.
Rani : Aku juga ingin sekali kesana.
Bagaimana caranya?
Lina :
Mudah sekali. Kamu naik angkutan kota ke jalan K.H Abdul Halim, lurus saja.
Rani :Terima
kasih Lina.
Kemudian,
beberapa saat Adi muncul.
Adi : Hay, kalian sedang membicarakan
apa?
Lina : Hay, ini Rani
melihat kita kemarin ketika berjalan-jalan. Ternyata dia juga mau pergi ke
Taman Dirgantara.
Rani : Iya, aku ingin
kesana. Oh, ya kamu dari mana Di?
Adi : Aku habis dari
Kedai Sanes Kafe.
Lina : Wah, kebetulan
aku lapar. Boleh kamu tunjukkan arahnya?
Adi : Kamu bisa naik
angkot arah 1C, lalu berjalan di Jl. Pahlawan samping Mutiara Foto.
Lina : Baik, terimakasih
Adi.
Rani : Lin, Aku juga mau
ikut.
Lina : Yuk.. Bye Adi.
Adi : Bye, hati-hati
dijalan.
G. Media Pembelajaran
1.
Injektor
2.
Laptop
3.
Alat Peraga/Peta
H. Metode Pembelajaran
1.
Penugasan
2.
Diskusi
3.
Tanya Jawab
I. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1 (Satu)
|
Kegiatan Awal
1.
Pengajar memberikan salam atau sapaan.
2.
Pengajar meminta pembelajar berdoa sesuai agama
masing-masing.
3.
Pengajar menanyakan kabar pembelajar.
4.
Pengajar menyampaikan materi dan tujuan
pembelajaran.
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
1.
Pengajar memperlihatkan video percakapan memberi petunjuk arah.
2.
Pengajar
membagikan percakapan tentang “Memberi Petunjuk Arah”
3.
Siswa merespon yang
digunakan dalam percakapan tersebut.
4.
Siawa melafalkan
beberapa kata/ frasa yang berhubungan dengan kata sederhana: arah, mata angin, lokasi, lingkungan sekitar dan
aktivitas harian.
5.
Siswa mengemukanan pendapat tentang tayangan alat peraga yang diberikan pengajar BIPA.
|
20 Menit
|
|
Kegiatan Penutup
1.
Pengajar dan pemelajar secara bersama-sama
menyimpulkan materi yang sudah dipelajari dan memberikan kesempatan bertanya
untuk pembelajar.
2.
Pengajar memberitahukan pembelajar materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
|
10 Menit
|
J. Penilaian
Kemukakanlan
pendapatmu tentang alat peraga petunjuk arah di
Majalengka!
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
1.
Mengeja kata dan
frasa sederhana: arah, lokasi, lingkungan sekitar, dan aktivitas harian.
2.
Mengidentifikasi
kata dan frasa sederhana: arah, lokasi, lingkungan sekitar, dan aktivitas
harian.
3.
Mengidentifikasi
isi hasil dengaran: arah, lokasi, lingkungan sekitar, dan aktivitas harian.
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
1.
Buat percakapan
sehari-hari mengenai petunjuk arah!
2.
Tuliskan hal-hal
kegiatan yang dilakukan dalam percakapan tersebut!
3.
Siapa tokoh
percakapan yang ditulis!
4.
Tempat apa yang
dituju oleh tokoh?
5.
Ceritakan hasil
buatan percakapan anda di depan kelas!
|
Rubik Penilaian
Rubik Penilaian No.1-5
No
|
Indikator
|
Skor Maksimal
|
Skor Siswa
|
1.
|
Ketepatan penggunaan ejaan
|
20
|
|
2.
|
Ketepatan penggunaan kata kerja
|
20
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan kata subjek
|
20
|
|
4.
|
Ketepatan penggunaan predikat
|
20
|
|
5.
|
Ketepatan penggunaan diksi
|
20
|
|
Total Skor
|
100
|
Rekap Nama Siswa
No
|
Nama Siswa
|
Nomor Soal
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
Ade Rani
Marlina
|
||||||
2.
|
Aji Rahmat
Sentosa
|
||||||
3.
|
Aries Ibnu
Maulana
|
||||||
4.
|
Dewi
|
||||||
5.
|
Elmi Indriani
|
||||||
6.
|
Leni
Nurlatifah
|
||||||
7.
|
Nyai Ratmawati
|
||||||
8.
|
Rohmah Rupaida
|
||||||
9.
|
Sonia Salma
Octavia
|
||||||
10.
|
Wiwi Sri
Wahyuni
|
Majalengka , Januari 2020
Mengetahui,
Kepala Guru
Mata Kuliah
............................................. ...................................
..........................................
NIP: NIP: .................................
banyak game yang menarik di IONQQ
ReplyDeleteayo segera daftarkan diri anda :D
WA : +855 1537 3217