Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Wednesday 4 March 2020

Jasa Henna Art


Bussines Plan
Jasa DE Hennaart

I.              Latar belakang
Pengembangan usaha DE Hennart berawal dari kegemaran pemilik usaha yang mencintai seni lukis. Hal inilah yang mendorong rintisan awal pemilik usaha untuk bergerak memulai menjalankan wirausaha ini. Selain itu pula, latar belakang keluarga bekerja sebagai wirausahawan berupa Jasa Perias Pengantin memberikan motivasi lebih supaya usaha ini tetap berjalan.
a.      Persaingan
Keadaan persaingan jasa henna sebetulnya masih sedikit, karena memerlukan keahlian khusus berupa teknik melukiskan henna, mengaplikasikan gems, maupun gliter supaya terlihat artistik (indah).
b.      Sejarah singkat henna art
Henna dianggap sebagai salah satu kosmetik tertua di dunia. Bahan pewarna yang biasa diaplikasikan pada kuku, rambut, dan kulit ini juga digunakan oleh tokoh-tokoh sejarah terkenal seperti Nefertiti dan Cleopatra. Kini, Henna menjadi seni dekoratif yang eksotis pada wanita Arab.
Henna (inai atau pacar) yang bahasa latinnya Lawsonia Inermis adalah tumbuhan semak yang tingginya mencapai 2,6 meter hingga 7 meter ini memiliki daun yang berbentuk almond, kecil, dan meruncing pada ujungnya. Tanaman ini memiliki bunga yang juga berukuran kecil bewarma putih atau pink yang tumbuh di bagian atas semak.
Tanaman ini tumbuh dengan cepat. Namun pohon Henna ini tidak dapat berkembang pada suhu di bawah 11 derajat celsius. Tanaman ini banyak ditemukan pada wilayah Arab seperti negara UAE, Maroko, Aljazair, yaman, Tunisia, Libya, Arab Saudi, Mesir, India barat, Irak, Iran, Pakistan, Bangladesh, Afghanistan, Turki, Somalia, dan Sudan.
Sejak dulu daun Henna dijadikan sebagai pewarna alami oleh masyarakat Mesir kuno. Mereka memilah daun, membersihkan, dan mengeringkannya pada tempat yang teduh. Setelah daun menjadi kering maka ditumbuklah menjadi berbentuk bubuk. Bubuk inilah yang kemudian diracik dengan menggunakan air untuk mewarnai kulit, rambut, kuku, wol, sutra, dan kulit binatang.
Penggunaan henna telah didokumentasikan sejauh 9.000 tahun yang lalu, yang sudah dimanfaatkan oleh beberapa kebudayaan termasuk: India, Mesir, Afrika, Sumeria, Timur Tengah, dan sepanjang Mediterania. Bahkan fakta lain yang mencatat bahwa dulu Raja Firaun memiliki jari-jari yang dibubuhi henna sebelum ia dimumifikasi.
Henna yang juga diistilahkan dengan “pacar” ini diwajibkan bagi calon pengantin Arab. Mempelai Wanita akan merasa bangga dan bahagia jika pernikahannya disempurnakan dengan acara pemasangan henna ini. Hal ini dikaitkan dengan keberkahan yang telah menjadi tradisi nenek moyang mereka.
Tradisi pacar/macar sejatinya merupakan bentuk simulasi mempelai perempuan untuk duduk di pelaminan. Acara ini dilaksanakan malam hari, satu hari sebelum akad nikah. “Malam Macar” dilangsungkan secara tertutup dalam rumah. Semua tamu hadirin adalah perempuan. Lelaki hanya mengantar tamu kemudian menunggu di luar rumah.
Pada Malam Macar, mempelai perempuan dihias dengan henna. Permukaan tangan, kaki, dan kuku dilukis dengan aneka motif. Seni pemasangan Henna tidak ubahnya seperti ‘body art’.  Motifnya sebagian besar terdiri atas pola bunga yang diinspirasi oleh ukiran Arab, lukisan dan tekstil.
Beberapa desain yang populer untuk tangan dan kaki adalah bunga, sulur berdaun, dan bentuk-bentuk abstrak. Melukis henna pada pada permukaan kulit relatif sulit, sehingga dibutuhkan kosentrasi penuh saat melukisnya. Biasanya, sisi atau bagian bawah kaki, yang dihiasi dengan blok warna pada ujung jari kaki.
Menurut latar belakang budaya yang berbeda, motif henna dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Desain yang paling terkenal adalah desain dari India, Arab, Pakistan, dan Afrika. Desain-desain tersebut menjadi kiblat dari desain henna di seluruh dunia. Terdapat karakteristik yang kuat membedakan motif-motif tersebut.
c.       Fasilitas
Fasilitas yang dimiliki berupa macam-macam peralatan yang mendukung untuk melukis henna yakni sebagai berikut:
-          henna putih, henna coklat, henna merah, henna maroon, henna emas dan sebagainya.
-          Gems warna berukuran 3mm – 5 mm
-          Glitter putih dan emas
-          Kuas
-          Lem henna
-          Kuteks
-          Kuku palsu
-          Lem palsu
-          Tisu kering
-          Tisu basah
-          Karpet bulu halus
-          Hand sainitizer
-          Ring light
d.      Prospek usaha dimasa yang akan datang
Selain henna wedding, pemilik usaha mengiginkan perkembangan henna yang dimiliki yakni berupa hennacraft untuk acara ulang tahun, kado kenang-kenangan, wisudawan, dan moment lainnya.
II.           Identitas pemilik
a.       Nama pemilik : Dewi
b.      Tempat tanggal lahir : Majalengka, 14 Mei 1999
c.       Alamat rumah : Desa Parapatan, Kec. Sumberjaya, Kab. Majalengka, Rt 005/Rw 003, Blok lebe, Jalan Bapak Suwadi, No. 51, Kode  pos 45455.
d.      No Telp : 083823191298
e.       Jenis kelamin : Perempuan
f.       Status : Belum kawin
g.      Pendidikan : Semester 5 Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UNMA
h.      Kursus : -
III.         Data perusahaan
Nama perusahaan : DE Hennart
Alamat kantor : Di rumah
Bidang usaha : Jasa
Bentuk usaha : Individu
Bank : BJB
Mulai berdiri : 2018
Susunan pengurus :
-          Manager dan pemilik usaha : Dewi
-          Pemilik modal : Eru Rukinah
IV.        Aspek produksi
Produk henna yang didapatkan pemilik usaha biasanya berasal dari penjual online yang sudah terpercaya, contohnya: Rahmah henna, Nadya Casavabia maupun jasa henna Elma Fitriani.
Tentu saja dengan sistem order beberapa hari sesuai stok yang diproduksi. Jika kuku palsu pemilik usaha biasanya memilih toko online terbanyak rekomendasinya dari pengguna lain.
V.           Aspek pemasaran
a.       Sistem distribusi dengan cara; mengupload hasil henna pada sosial media
b.      Sistem pembayaran dari pelanggan; baik secara langsung maupun transfer via bank
c.       Konsumen sasaran; seperti orang-orang yang memerlukan henna pada sebelum acara pernikahan
d.      Wilayah pemasaran; sekitar Majalengka, Cirebon, Indramayu dan Kuningan
(Se-Wilayah III Cirebon)
e.       Keuntungan rata-rata dari penjualan; dua kali lipat dari pembelian produk


1 comment:

  1. IONQQ menyediakan permainan poker, domino99, bandarq, bandarpoker,aduq,sakong,perang bacarat dan capsa :D
    ayo ditunggu apa lagi
    WA : +855 1537 3217

    ReplyDelete