RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Sekolah :
SMAN 1 Rajagaluh
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
X/1
Materi Pokok :
Menilai Karya Melalui Resensi
Alokasi Waktu :
4 x 45 Menit
A. Kompetensi
Inti
KI 3 Memahami,
menerapkan, menganalisis pemngetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4 Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajari disekolah secara mandiri dan mampu
menggunakan metode sesuai dengan kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.16 Membandingkan isi berbagai resensi untuk menemukan
sistematika sebuah resensi
|
3.16.1 Mengemukakan informasi tentang resensi
3.16.2 Membandingkan persamaan dan perbedaan isi
resensi
3.16.3 Menjelaskan sistematika beberapa resensi
|
4.16 Menyusun sebuah resensi dengan memerhatikan hasil
perbandingan beberapa teks resensi
|
4.16.1 Menganalisis sebuah resensi buku
4.16.2 Mendiskusikan unsur-unsur dan sistematika
resensi buku
4.16.3 Mempresentasikan, menanggapi dan merevisi hasil
kerja dalam kelas
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran dengan pendekatan sainstifik dengan model pembelajaran
problem based learning, peserta didik dapat Membandingkan isi berbagai resensi
untuk menemukan sistematika sebuah resensi dan menyusun sebuah resensi dengan
memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi dengan rasa ingin tahu,
tanggung jawab, disiplin selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya
diri serta pantang menyerah.
D. Materi
Pembelajaran
·
Pengertian
resensi
·
Isi
dan kebahasaan dalam resensi
·
Membuat
resensi
·
Unsur-unsur
resensi
·
Sistematika
resensi
·
Contoh
resensi yang berjudul “Valentino Rossi Juara” dan “Teknik Bermain Gitar”
E. Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan
: Sainstifik
2.
Model
: Problem based learning
3.
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
F. Media
atau Alat dan Bahan Pembelajaran
1.
Laptop
2.
Papan
tulis
3.
Spidol
4.
Projektor
G. Sumber
Belajar
1.
Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta:
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
2.
Suherli,
dkk. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta:
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
H. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Ke-
|
Langkah-Langkah Pembelajaran
|
Karakter
|
Waktu
|
|
Kegiatan awal
·
Peserta didik mengondisikan kelas dalam persiapan belajar mengajar
·
Peserta didik melalukan apersepsi
·
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang kompetensi dan tujuan
pembejaran yang hendak disampaikan,
|
Rajin belajar, teliti, aktif, berani dan kritis.
|
10’
|
Kegiatan inti
·
Peserta didik mendengarkan pengertian resensi
·
Peserta didik dapat membandingkan persamaan dan perbedaan isi resensi dan
sistematika beberapa resensi
·
Guru membagikan dua kelompok dengan judul buku “Valentino Rossi jadi
Juara” dan “Teknik Bermain Gitar” untuk dianalisis berdasarkan unsur-unsur
dan sistematika resensi buku
·
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja dalam kelas
|
25’
|
||
Kegiatan penutup
·
Peserta didik bersama guru menyimpulkan resensi
·
Peserta didik menyimak informasi tentang materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya mengenai analisis kebahasaan resensi
·
Peserta didik bersama guru menutup pembelajaran dengan doa dan
mengucapkan salam
|
10’
|
I. Penilaian
1.
Teknik : Penugas
2.
Bentuk instrumen : Uraian
3.
Soal/Instrumen :
No
|
Soal
|
Butir Soal
|
Rentang Skor
|
1.
|
Peserta didik mampu menentukan persamaan dan perbedaan isi resensi
|
Mendengarkan penjelasan yang disajikan oleh guru
|
2
|
2.
|
Peserta didik mampu membuat resensi dengan memperhatikan kelengkapan
unsur-unsurnya
|
Tulislah unsur-unsur resensi yang terdapat dalam sebuah buku
|
4
|
3.
|
Peserta didik mampu menyampaikan sistematika resensi
|
Mampu mempresentasikan resensi
|
4
|
|
Jumlah skor
|
|
10
|
Nama kelompok dan anggota kelompok
|
Unsur Penilaian
|
Kategori
|
||
Kelengkapan
|
Ketepatan
|
Kejelasan
|
||
Kelompok 1
|
|
|
|
|
Kelompok 2
|
|
|
|
|
Nilai
Akhir = Skor yang diperoleh siswa x 100
Skor maksimal (10)
Majalenka, Juni
2019
Mengetahui,
Guru Bidang Studi
|
|
Guru Praktikan
|
Rianto, S.Pd., M.Si., M.Pd.
|
|
Dewi
|
If you're looking to lose weight then you certainly need to jump on this brand new custom keto meal plan.
ReplyDeleteTo create this service, certified nutritionists, personal trainers, and top chefs have united to develop keto meal plans that are productive, suitable, money-efficient, and fun.
Since their first launch in January 2019, thousands of clients have already transformed their body and health with the benefits a proper keto meal plan can offer.
Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-proven ones given by the keto meal plan.
permainan poker yang gampang menangnya hanya di IONQQ
ReplyDeleteayo segera di coba permainan kami :D
WA: +855 1537 3217