Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Sunday, 13 October 2019

RPP Resensi Kelas X Bahasa Indonesia


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

Sekolah                        : SMAN 1 Rajagaluh
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/1
Materi Pokok               : Menilai Karya Melalui Resensi
Alokasi Waktu             : 4 x 45 Menit
A.  Kompetensi Inti
KI 3                        Memahami, menerapkan, menganalisis pemngetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4            Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari disekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai dengan kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.16 Membandingkan isi berbagai resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi
3.16.1 Mengemukakan informasi tentang resensi
3.16.2 Membandingkan persamaan dan perbedaan isi resensi
3.16.3 Menjelaskan sistematika beberapa resensi
4.16 Menyusun sebuah resensi dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi
4.16.1 Menganalisis sebuah resensi buku
4.16.2 Mendiskusikan unsur-unsur dan sistematika resensi buku
4.16.3 Mempresentasikan, menanggapi dan merevisi hasil kerja dalam kelas

C.  Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan sainstifik dengan model pembelajaran problem based learning, peserta didik dapat Membandingkan isi berbagai resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi dan menyusun sebuah resensi dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, disiplin selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri serta pantang menyerah.

D.  Materi Pembelajaran
·      Pengertian resensi
·      Isi dan kebahasaan dalam resensi
·      Membuat resensi
·      Unsur-unsur resensi
·      Sistematika resensi
·      Contoh resensi yang berjudul “Valentino Rossi Juara” dan “Teknik Bermain Gitar”

E.  Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan : Sainstifik
2.      Model : Problem based learning
3.      Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan

F.   Media atau Alat dan Bahan Pembelajaran
1.      Laptop
2.      Papan tulis
3.      Spidol
4.      Projektor


G. Sumber Belajar
1.      Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
2.      Suherli, dkk. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

H.  Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-
Langkah-Langkah Pembelajaran
Karakter
Waktu

Kegiatan awal
·      Peserta didik mengondisikan kelas dalam persiapan belajar mengajar
·      Peserta didik melalukan apersepsi
·      Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang kompetensi dan tujuan pembejaran yang hendak disampaikan,







Rajin belajar, teliti, aktif, berani dan kritis.



10’



Kegiatan inti
·      Peserta didik mendengarkan pengertian resensi
·      Peserta didik dapat membandingkan persamaan dan perbedaan isi resensi dan sistematika beberapa resensi
·      Guru membagikan dua kelompok dengan judul buku “Valentino Rossi jadi Juara” dan “Teknik Bermain Gitar” untuk dianalisis berdasarkan unsur-unsur dan sistematika resensi buku
·      Peserta didik mempresentasikan hasil kerja dalam kelas


25’
Kegiatan penutup
·      Peserta didik bersama guru menyimpulkan resensi
·      Peserta didik menyimak informasi tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya mengenai analisis kebahasaan resensi
·      Peserta didik bersama guru menutup pembelajaran dengan doa dan mengucapkan salam




10’

I.     Penilaian
1. Teknik                            : Penugas
2. Bentuk instrumen           :  Uraian
3. Soal/Instrumen               :
No
Soal
Butir Soal
Rentang Skor
1.
Peserta didik mampu menentukan persamaan dan perbedaan isi resensi
Mendengarkan penjelasan yang disajikan oleh guru
2
2.
Peserta didik mampu membuat resensi dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsurnya
Tulislah unsur-unsur resensi yang terdapat dalam sebuah buku
4
3.
Peserta didik mampu menyampaikan sistematika resensi
Mampu mempresentasikan resensi
4

Jumlah skor

10




Nama kelompok dan anggota kelompok
Unsur Penilaian
Kategori
Kelengkapan
Ketepatan
Kejelasan
Kelompok 1






Kelompok 2





Nilai Akhir = Skor yang diperoleh siswa x 100
                        Skor maksimal (10)
Majalenka, Juni 2019
Mengetahui,
Guru Bidang Studi



Guru Praktikan



Rianto, S.Pd., M.Si., M.Pd.






Dewi








2 comments:

  1. If you're looking to lose weight then you certainly need to jump on this brand new custom keto meal plan.

    To create this service, certified nutritionists, personal trainers, and top chefs have united to develop keto meal plans that are productive, suitable, money-efficient, and fun.

    Since their first launch in January 2019, thousands of clients have already transformed their body and health with the benefits a proper keto meal plan can offer.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-proven ones given by the keto meal plan.

    ReplyDelete
  2. permainan poker yang gampang menangnya hanya di IONQQ
    ayo segera di coba permainan kami :D
    WA: +855 1537 3217

    ReplyDelete