Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Friday 11 December 2020

Naskah Pidato Singkat Bahasa Indonesia yang baik dan benar

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Om Swastiastu

Namo Budaya

Shalom

Salam Kebajikan

 

Yang saya hormati Bapak/Ibu dewan juri

Yang saya hormati seluruh panitia penyelenggara lomba

Yang saya hormati peserta lomba

Serta generasi muda Indonesia yang saya banggakan

 

            Pertama marilah kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa melimpahkan nikmat dan karunia-Nya kepada kita sehingga pada kesempatan ini kita dapat melaksanakan lomba pidato tanpa ada halangan suatu apapun.

Bapak/Ibu yang saya hormati,

            Ir. Soekarno berkata “Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta. Masa lampau sangat berguna sebagai kaca benggala daripada masa yang akan datang.”

            Seperti yang kita ketahui, bahwa dunia sedang memasuki era revolusi industri 4.0 atau bahkan sebentar lagi akan ada pencetus era revolusi industri 5.0. Revolusi ini sangat berkaitan dengan teknologi digital dan mesin otomatis. Akibat yang kita rasakan ialah memberikan kemudahan di segala bidang khususnya bidang komunikasi. Manusia dimudahkan untuk berkomunikasi, mengakses, maupun menyebarkan informasi.

            Akan tetapi, dibalik kemudahan itu semua kita harus tahu dan sadar bahwa revolusi industri 4.0 tidak hanya memberikan dampak positif saja, ada dampak negatif yang mengancam. Jika kita mampu berjalan beriringan dan memanfaatkannya dengan bijak, tentu saja kita akan mendapatkan kemudahan. Namun, jika kita tidak mampu beradaptasi dan memanfaatkannya maka kita akan tergilas dan mati.

            Lalu, apa yang sebenarnya dibutuhkan untuk menghadapi era revolusi 4.0? Baiklah mari kita bahas bersama.

Hadirin yang berbahagia,

            Banyak ahli telah memberikan pandangannya tentang hal-hal yang akan terjadi akibat adanya revolusi 4.0. pada era ini diprediksi akan banyak bermunculan robot canggih, super komputer, kendaraan otomatis, 3D printing, AI (Artificial Intelligence) serta optimalisasi otak manusia dengan editing genetik dan perkembangan nouroteknologi. Sungguh menakjubkan bukan?

            Perlu ditekankan, pasar tenaga kerja. Ya, tenaga kerja manusia akan tergantikan oleh robot atau AI. Banyak sekali pekerjaan yang akan hilang dan tergantikan oleh robot-robot canggih yang dirasa lebih efektif dan efisien. Yang saya maksud ialah manusia akan tergilas dan mati.

Kondisi demikian yang menuntut kita untuk mempersiapkan diri dengan matang agar mampu berkembang dan merasakan manfaat dari revolusi industri 4.0. Kita dituntut untuk terus mengembangkan kemampuan atau skill yang baik ada di dalam diri kita. Setiap manusia memiliki softskill dan hardskill yang perlu dikembangkan.

Hal yang dapat kita kembangkan ialah softskill karena tidak dapat dipungkiri bahwa hardskill yang kita miliki kemungkinan dapat dikalahkan kualitas dan kuantitasnya oleh robot-robot canggih. Maka dari itulah mulai sekarang, kita sudah semestinya membuka mata, mencoba menggali dan mengasah softskill yang ada dalam diri kita supaya tetap bisa berdiri tegap dan berjalan bersama era revolusi 4.0

Hadirin yang berbahagia,

            Masa depan ada ditangan kita. Kita sendiri yang menentukan akankah meraih masa depan itu dengan gemilang atau gagal? Kita harus berusaha meraih masa depan dengan baik. Karena kemampuan itulah yang akan menghantarkan kita menuju garis finish keberhasilan.

            Demikian yang dapat saya sampaikan, terimakasih atas segala perhatian dan mohon maafatas segala kesalahan

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

1 comment:

  1. Ayo bergabung di IONQQ dan nikmati deposit/withdraw yang cepat tanpa harus menunggu lama
    IONQQ menyedikaan bonus rollingan 0.3% dan referral 20%
    Ayo segera bergabung bersma kami
    WA : +855 1537 3217

    ReplyDelete