Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Sunday 26 March 2017

Ceramah tentang Kematian


Kultum tentang “kematian”
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dahar emping
Pake opak
Kakuping sih kakuping
Tapi henteu karompak, sakali deui Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Sebab Allah SWT itu suka yang ganjil, maka dari itu mohon keikhlasannya untuk salam yang ketiga kalinya. Assalamualaikum Wr. Wb.

Saudaraku rakhimakumullah
            Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang dimana telah memberikan kita semua nikmat sehat, iman dan islam sehingga kita dapat berkumpul pada pagi hari ini. Tak lupa pula sholawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada baginda nabi kita semua habibana wanabiana Muhammad SAW. Yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang. Dan semoga kita mendapat syafaat di yaumil akhir nanti. Amin amin ya robbal alamin.

Hadirin jeung hadirot, aa2 jeung teteh2
            Berdirinya saya disini bukan untuk menyombongkan diri, bukan pula untuk menggurui. Namun, disinni saya akan menyapaikan sedikit tentang kematian.
Sebagaimana firman Allah SWT Q.S Al-ankabut ayat 57:


Artinya            : “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada kami, tempat kembalimu.”
            Firman tersebut memberikan pelajaran bagi kita, bahwa setiap yang bernyawa pasti mati. Kematian merupakan universitas terbaik dalam kehidupan kita. Mengapa? Ada yang tahu? Karena ketika setiap menghadapi  seseorang yang meninggal, kita sama-sama memandikan, mengkafani, menyolati dan mengkuburkan. Disitulah kita dapat merenung dan berbenah diri.

Saudaraku rakhimakumullah
            Semua ribuan nikmat Allah itu titipan, seperti pintar milik Allah, bodoh juga bukan milik kita, sakit milik Allah dan sehat juga milik Allah. Kita ini hanya manusia yang berjalan didunia milik Allah. Karena semua itu ada expayerdnya. Coba saudaraku ke super kampret, lihat makanan pasti ada expayerdnya. Betul apa betul? Sama, kita juga ada expayerdnya.

Saudaraku rakhimakumullah
            Maka dari itu, sebelum masa expayerd datang atau kontrak itu selesai. Mencobalah untuk beramal sebanyak-banyaknya. Menurut sabda Rasulullah SAW, barang siapa yang membaca surat Al-Fatihah 3x maka bagaikan mengkhatamkan al-qur’an, kemudian yang ke-2 bersholawatlah kepada nabi, 3. Maukah saudara-saudaraku mendapat kebaikan yang bermilyar-milyar? Maka bacalah allahummaqfir walmuslimin walmuslimat walmu’minin walmu’minat al ahya imingkum wal amwat. Dan terakhir barang siapa yang membaca subhanallah walhamdulillah wala ila ha illallah allahu akbar, maka bagaikan berhaji dan berumroh. Insya Allah.

Saudaraku rakhimakumullah
            Sebelum saya tutup, saya memiliki sebuah syair. Yang tahu nyanyi bareng2 yuk.

Wahai manusia jangan engkau tertipu daya
Oleh dunya yang fana sebagai tempat ujian bagi kita
Dunia sementara akhirat selama-lamanya

Orang kaya mati orang miskin mati
Raja – raja mati rakyat biasa mati
Semua pergi menghadap ilahi
Dunya yang di cari tak ada yang berarti
Dunya yang di cari tak kan dibawa mati

Cukup sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Karena kesempurnaan milik Allah Semata. Wabillai taufiq hidayah Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment