Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Sunday 26 March 2017


MENYUSUN GARIS BESAR LAPORAN PENELITIAN
*      Syarat-syarat Penulisan Laporan
1.         Penulis laporan harus mengetahui kepada siapa laporan itu akan ditujukan. Contohnya: untuk sponsor, masiswa tau masyarakat umum. Penulisan untuk makalah atau media massa memiliki aturan yang berbeda dengan penulisan sebuah laporan penelitian, meski tema diangkat sama.
2.         Laporan penelitian harus ditulis secara lengkap. Hal ini penting agar pembaca laporan tidak mengikuti kegiatan penelitian mulai dari awal hingga akhir.
3.         Dalam mengemukakan hasil penelitian harus menggunakan bahasa yang komunikatif, sehingga mudah dipahami pembaca.
4.         Laporan penelitian merupakan elemen penting dalam proses kemajuan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, peneliti harus menuliskan laporan penelitian dan saran dengan jelas sehingga mampu menyakinkan pembaca. Maka penulisannya harus baik serta sistematis.
*      Bagian-bagian Laporan Penelitian
Laporan penelitin merupakan karya ilmiah. Untuk itu, penulisan laporan penelitian harus mengikuti aturan penulisan ilmiah. Secara umum, laporan penelitian terdiri atas tiga bagian besar, yakni pendahuluan, isi dan penutup. Beriku adalah model sebuah laporan penelitian menurut Borg dan Gall.
1.    Bagian Pendahuluan (preliminary materials), berisi:
a.       Halaman judul
b.      Kata pengantar
c.       Daftar isi
d.      Daftar tabel
e.       Daftar gambar/ilustrasi tau diagram-diagram
2.    Isi laporan (body of the paper), berisi:
Bab I    Pendahuluan
              I.I       Latar  Belakang Masalah
              I.II     Perumusan Masalah
              I.III    Pertanyaan Penelitian
              I.IV    Tujuan Penelitian
              I.V     Kegunaan Penelitian
Bab II  Kerangka Teori
              II.I     Tinjauan Pustaka
              II.II    Kerangka Teori
Bab III Metodologi
              III.I    Pendekatan  Penelitian
              III.II   Jenis Penelitian
              III.III  Subjek Penelitian
              III.IV Teknik Pengumpulan Data
              III.V   Teknik Analisa Data
Bab IV Hasil Penelitian
Bab V  Kesimpulan dan Saran
              V.I     Kesimpulan
              V.II    Saran
3. Bagian penutup meliputi bahan-bahan penunjang seperti berikut:
a.       Kepustakaan
b.      Lampiran
c.       Indeks

*      Bagian pendahuluan (preliminary materials)
Dalam bagian ini, peneliti menjelaskan sistematika penulisan agar pembaca dapat diajak mempelajari garis besar isi laporan penelitian dan mengikuti laporan tersebut dengan mudah. Bagian tersebut adalah sebagai berikut:
a.       Halaman judul
Judul sebaiknya jelas, ringkas, dan menggambarkan isi penelitian. Juga di tuliskan nama penyusun, nama lembaga, nama tempat dan tahun penyusun laporan.
b.      Kata pengantar
Kata pengantar adalah uraian pendek dari penulis tentang penelitiannya. Yang diuraikan tujuan penelitian, masalah yang dihadapi, siapa yang memberi sponsor, dan ucapan terimakasih. Pada akhir pengantar dibubuhi oleh keterangan tanggal, bulan, tahun penelitian dan nama tengkap peneliti atau sponsor.
c.       Daftar isi
Daftar isi menujukkan bagaian-bagian dari laporan sehingga hubungan antara satu bagian dan bagian lainnya dapat dilihat. Daftar isi dapat membantu pembaca menemukan bagian-bagian yang penting dan biasanya di beri keterangan halaman pada sisi kanan.
d.      Daftar tabel, gambar dan grafik
Daftar ini membuat judul-judul tabel/gambar/grafik yang ada di laporan tersebut. Daftar ini disusun berurutan sesuai nomor pada tiap tabel/gamabr/grafik.

*      Isi laporan (body of the paper)
Bagain ini memuat tentang proses penelitian dan hasilnya. Bagian isi meliputi:
a.       Bab pendahuluan
Bab pendahuluan ditampilkan perumusan masalah, ruang lingkup, kegunaan teoritis dan praktis dari laporan yang ada.
b.      Bab kerangka teori
Bagian ini ditulis untuk memberikan gambaran kepada pembaca mengenai hal yang telah dirintis oleh peneliti lain untuk memberikan penekanan pentingnya permasalahan. Selanjutnya, peneliti mencoba mengemukakan alur pemikirannya dengan cara merangkum penemuan itu. Bab kerangka teroti biasaya diakhiri dengan hipotesis.
c.       Bab metodologi penelitian
Bab ini menerangkan tentang subjek, objek, pengumpulan data, cara pengolahan data dan analisa data. Metodologi penelitian biasanya disajikan dalam rancangan penelitian.
d.      Bab pelaksanaan penelitian
Peneliti menguraikan proses pelaksanaan penelitian baik menyangkut validitas instrument penelitian dan proses pengumpulan data.
e.       Bab hasil penelitian dan pembahasan
Berupa laporan penelitian yang ingin dikutahui oleh pembaca. Bagian ini menguraikan seluruh hasil penelitian. Terkait dengan penelitian kualitatif maupun kuantitatif. Pembahasan akan semakin menarik jika hasil penelitian yang terdahulu dikaitkan dengan hasil penelitian yang sedang berlangsung. Hal ini dapat dibandingkan, mengkontraskan atau mensejajarkan hasil penelitian yang sebeumnya.
f.       Bab kesimpulan dan saran
Kesimpulan harus singkat, jelas dan padat yang berisi hal-hal yang telah dibahas pada bab sebelumnya. Pada bagian ini diberikan rekomendasi atau saran terhadap masalah-masalah baru untuk diteliti lebih lanjut. Sedangkan saran hendaknya dibuat implikasi teoritis, praktis dan kegunaan bagi peneliti.

*      Bagian penutup, terdiri atas:
a.       Daftar pustaka
Pada bagian ini disebutkan semua buku (sumber) yang digunakan sebagai penunjang dalam penunjang dalam penulisan dan pelaksanaan penelitian. Hal-hal yang perlu dikemukakan adalah nama penulis, tahun penerbitan, judul buku, tempat penerbitan dan nama penerbit.
Contoh penulisan daftar pustaka adalah:
Bryman, Alan. 2012. Social Research Methods. New York: Oxford University Press.
Atau Bryman, Alan. Social Research Methods. New York: Oxford University Press. 2012.
b.      Lampiran
Yang memuat hal-hal yang perlu duketahui pembaca. Biasanya meliputi format kuesioner, wawancara atau pengamatan dan dokumen lainnya seperti foto atau naskah tertentu.
c.       Indeks
Bagian ini berisi daftar kata, istilah atau nama yang ada dalam laporan. Indeks biasanya disusun menurut abjad.


2 comments: