Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Sunday 26 March 2017

Karya Tulis Geografi Negara Berkembang di dunia


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Negara berkembang adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan dan mengkategorikan negara-negara di dunia berdasarkan indeks pembangunan manusianya yang masih berada pada tingkat menengah ke bawah dan memiliki standar kualitas hidup yang masih rendah. Pola pikir dan tingkat kehidupannya belum mampu menyejahterakan diri mereka sendiri, serta negara berkembang umumnya memiliki tiga kelompok masyarakat yakni masyarakat perkotaan, pedesaan dan suku.
Suatu negara dapat dikategorikan sebagai sebuah negara berkembang diantaranya berdasarkan tiga kriteria, yaitu tingkat perkembangan ekonomi, tingkat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dan tingkat kualitas penduduk.
Negara berkembang yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang lebih maju dibandingkan negara lain yang setingkat, tetapi belum mencapai tingkat negara maju disebut negara industri baru (newly industrialized country/NICs). Dengan kata lain, negara industri baru sedang berkembang mencapai tingkat negara maju tetapi belum cukup untuk dikatakan sebagai negara maju.

1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi karya tulis, rumusan masalah ini adalah sebagai berikut:
·           Bagaimanakah indeks pembangunan manusia bagi negara berkembang?
·           Apa yang menjadi kriteria negara maju dan berkembang menurut PBB?
·           Dimana sajakah persebaran negara berkembang yang ada di dunia?

1.3 Tujuan
Setiap pembuatan karya tulis harus memiliki tujuan. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah:
1.      Dapat mengetahui pembelajaran siswa di sekolah SMAN 1 Rajagaluh dalam materi negara berkembang
2.      Dapat mengetetahui persebaran negara berkembang
3.      Memperoleh pengetahuan menginai kriteria negara maju dan berkembang menurut PBB
4.      Menyelesaikan tugas kelompok mata pelarajan Geografi
5.      Melatih bertanggung jawab atas tugas yang diberikan oleh guru
6.      Melatih menjadi siswa-siswi untuk disiplin

1.4 Manfaat
Setiap kegiatan diharapkan memiliki manfaat terhadap unsur terkait. Adapun manfaat dari karya tulis ini ialah sebagai berikut:
1.    Menjadi pedoman untuk pelajar agar mengetahui tentang seluk beluk negara berkembang
2.    Serta diharapkan memberikan acuan bagi siswa-siswi SMAN 1 Rajagaluh yang berminat mengembangkan menyusunan karya tulis dalam menyelesaikan tugasnya















BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Indeks Pembangunan Manusia
Indeks Pembangunan Manusia (IPM) / Human Development Index (HDI) adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup untuk semua negara seluruh dunia. IPM digunakan untuk mengklasifikasikan apakah sebuah negara adalah negara maju, negara berkembang atau negara terbelakang dan juga untuk mengukur pengaruh dari kebijaksanaan ekonomi terhadap kualitas hidup.  IPM diperkenalkan oleh United Nations Development Programme (UNDP) pada tahun 1990 dan dipublikasikan secara berkala dalam laporan tahunan Human Development Report (HDR).
IPM mengukur pencapaian rata-rata sebuah negara dalam 3 dimensi dasar pembangunan manusia:
  • Hidup yang sehat dan panjang umur yang diukur dengan harapan hidup saat kelahiran
  • Pengetahuan yang diukur dengan angka tingkat baca tulis pada orang dewasa (bobotnya dua per tiga) dan kombinasi pendidikan dasar , menengah , atas gross enrollment ratio (bobot satu per tiga).
  • standard kehidupan yang layak diukur dengan logaritma natural dari produk domestik bruto per kapita dalam paritasi daya beli.
Setiap tahun Daftar negara menurut IPM diumumkan berdasarkan penilaian di atas. Pengukuran alternatif lain adalah Indeks Kemiskinan Manusia yang lebih berfokus kepada kemiskinan.
Pada umumnya untuk mengubah sebuah variabel awal, sebagai contoh x {\displaystyle x} {\displaystyle x}, kepada sebuah index bebas antara 0 dan 1 (yang memperbolehkan indeks yang berbeda untuk ditambahkan sebagai satu kesatuan), formula yang digunakan adalah sebagai berikut:
  • x {\displaystyle {\displaystyle x}-index = x − min ( x ) max ( x ) − min ( x ) {\displaystyle {\frac {x-\min \left(x\right)}{\max \left(x\right)-\min \left(x\right)}}} {\displaystyle {\frac {x-\min \left(x\right)}{\max 
\left(x\right)-\min \left(x\right)}}}
di mana min ( x ) {\displaystyle \min \left(x\right)} {\displaystyle \min \left(x\right)}dan max ( x ) {\displaystyle \max \left(x\right)} {\displaystyle \max \left(x\right)}adalah variabel angka maksimum dan minimum x {\displaystyle x} {\displaystyle x}yang dapat diperoleh.
IPM menggambarkan tiga indikator umum berikut:
  • Indeks Harapan Hidup = L E − 25 85 − 25 {\displaystyle {\frac {LE-25}{85-25}}} {\displaystyle {\frac {LE-25}{85-25}}}
  • Indeks Pendidikan = 2 3 × A L I + 1 3 × G E R {\displaystyle {\frac {2}{3}}\times ALI+{\frac {1}{3}}\times GER} {\displaystyle {\frac {2}{3}}\times ALI+{\frac {1}{3}}\times GER}
    • Angka melek huruf dewasa (ALI) = A L R − 0 100 − 0 {\displaystyle {\frac {ALR-0}{100-0}}} {\displaystyle {\frac {ALR-0}{100-0}}}
    • Gross Enrollment Ratio (GER) = C G E R − 0 100 − 0 {\displaystyle {\frac {CGER-0}{100-0}}} {\displaystyle {\frac {CGER-0}{100-0}}}
  • Indeks PDB = log ( G D P p c ) − log ( 100 ) log ( 40000 ) − log ( 100 ) {\displaystyle {\frac {\log \left(GDPpc\right)-\log \left(100\right)}{\log \left(40000\right)-\log \left(100\right)}}} {\displaystyle {\frac {\log \left(GDPpc\right)-\log 
\left(100\right)}{\log \left(40000\right)-\log \left(100\right)}}}
LE: Angka harapan hidup
ALR: Angka melek huruf
CGER: Combined gross enrollment ratio
GDPpc: PDB perkapita berdasarkan PPP dalam USD
UNDP telah menciptakan catatan teknis penghitungan IPM (lihat pranala di bawah).
Angka IPM Indonesia dari tahun ke tahun
  1. Tahun 1980 = 0,522
  2. Tahun 1985 = 0,562
  3. Tahun 1990 = 0,624
  4. Tahun 1995 = 0,658
  5. Tahun 2000 = 0,673
  6. Tahun 2003 = 0,709
  7. Tahun 2004 = 0,714
  8. Tahun 2005 = 0,723
  9. Tahun 2006 = 0,729
  10. Tahun 2007 = 0,734
  11. Tahun 2008 = perhitungan baru diberlakukan
  12. Tahun 2009 = 0,593
  13. Tahun 2010 = 0,600
  14. Tahun 2011 = 0,617
  15. Tahun 2013 = 0,629

Catatan:
Pada tanggal 18 Desember 2008 diluncurkan sistem penghitungan baru tehadap IPM dengan memasukan GDP PPP yang baru. Hal ini berakibat pada berubahnya angka IPM setiap negara dan rangkingnya terhadap dunia.
Menggunakan indikator yang lebih tepat dan dapat membedakan dengan baik (diskriminatif).
  1. Dengan memasukkan rata-rata lama sekolah dan angka harapan lama sekolah, dapat diperoleh gambaran yang lebih relevan dalam pendidikan dan perubahan yang terjadi.
  2. PNB menggantikan PDB karena lebih menggambarkan pendapatan masyarakat pada suatu wilayah.
Dengan menggunakan rata-rata geometrik dalam menyusun IPM dapat diartikan bahwa capaian satu dimensi tidak dapat ditutupi oleh capaian di dimensi lain. Artinya, untuk mewujudkan pembangunan manusia yang baik, ketiga dimensi harus memperoleh perhatian yang sama besar karena sama pentingnya.

2.2  Kriteria Negara Maju dan Berkembang Menurut PBB
Indikator yang berkaitan dengan kualitas kependudukan tetapi mengarah kepada aspek kuantitas kependudukan adalah sebagai berikut.
1) Tingkat Pertumbuhan Penduduk
Negara maju pada umumnya mempunyai tingkat pertumbuhan penduduk lebih rendah dibandingkan dengan negara berkembang.
2) Persentase Persebaran Penduduk
Apabila sebagian besar penduduk di suatu negara terakumulasi di wilayah perkotaan, negara itu termasuk kategori negara maju. Jika sebagian besar terakumulasi di wilayah perdesaan, negara itu termasuk kategori negara berkembang.
4. Tingkat Perkembangan Sarana atau Prasarana Penunjang Kehidupan
Semakin banyak dan semakin modern sarana atau prasarana penunjang kehidupan penduduk di berbagai bidang misalnya gedung-gedung sekolah, perkantoran, rumah sakit, sarana atau prasarana perdagangan, transportasi dan komunikasi, semakin memungkinkan negara itu dapat dikategorikan sebagai negara maju.
Dari beberapa kriteria tersebut dapat disimpulkan bagaimana penggolongan negara maju dan negara berkembang dapat dilakukan. Ukuran yang pasti dan ideal tentunya jika Anda menggolongkannya dengan menggabungkan empat kriteria. Akan tetapi, hal itu sangatlah sulit karena bukan tidak mungkin ada suatu negara yang hanya memenuhi dua atau tiga kriteria saja tetapi sudah dapat dinyatakan sebagai negara maju. Berdasarkan kriteria-kriteria tersebut, menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara garis besar negara-negara di dunia dapat dikelompok kan menjadi dua kelompok, sebagai berikut.
a. Kelompok negara maju (developed country), antara lain Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Belanda, Jerman, Perancis, Jepang, Italia dan Australia.
b. Kelompok negara berkembang (developing country) yakni seluruh negara di benua Afrika, seluruh negara di Asia kecuali Jepang, seluruh negara di Benua Amerika kecuali Amerika Serikat dan Kanada, seluruh negara di kawasan Australia dan Oceania kecuali Australia, serta seluruh negara di Benua Eropa kecuali Inggris, Jerman, Prancis, Kanada, Italia, dan Belanda

2.3  Ciri – Ciri Negara Berkembang
a.    Jumlah dan tingkat pertumbuhan penduduk besar serta penyebaran kurang merata.
b.    Kualitas penduduk masih rendah.
c.    Teknologi masih belum berkembang.
d.   Industri belum berkembang.
e.    Pengolahan sumber daya alam masih kurang maksimal.
f.      Pertanian termasuk peternakan dan perikanan hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri dan keluarga.
g.    Pada umumnya aktivitas masyarakat menggunakan sarana dan prasarana tradisional.
h.    Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan pengalaman dan lamban.
i.      Pendapatan relatif rendah.
j.      Pendidikan penduduknya rata-rata rendah.
k.    Sifat penduduk kurang mandiri.
l.      Sangat tergantung pada alam.
m.  Tingkat pertumbuhan penduduk tinggi.
n.    Angka harapan hidup rendah.

2.4  Tahap –Tahap Perkembangan Suatu Negara
     Tahapan perkembangan negara tersebut menurut Walt Whitman Rostow, seorang ekonom dari Amerika Serikat, dalam bukunya yang berjudul Stages of Economic Growth (Tahapan-Tahapan Pertumbuhan Ekonomi) terbagi menjadi lima tahapan, dengan nama dan ciri-ciri berikut ini.
a. Tahap Masyarakat Tradisional (Traditional Society Stage) Dicirikan dengan:
    1) kondisi masyarakat yang belum produktif;
    2) cara berproduksi dan pola perekonomian yang dijalankan masih tradisional;
    3) sistem dan pola kerja yang telah ada masih bersifat tradisi/turun temurun;
    4) perekonomian dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sendiri (belum berorientasi pasar); dan
    5) mata pencaharian masyarakat di sektor pertanian.
b . Tahap Prakondisi Lepas Landas (Precondition for Take Off Stage) Dicirikan dengan:
    1) terjadi perubahan pola kerja dan sistem di segala bidang, baik sosial, ekonomi, budaya, dan politiknya;
    2) sudah mengenal dan menggunakan teknologi untuk lebih produktif dan efisien;
    3) sudah muncul kesadaran menabung yang lebih produktif di lembaga-lembaga keuangan; serta
    4) kegiatan perekonomian terus bergerak ke arah kemajuan.
c . Tahap Lepas Landas (Take Off Stage) Dicirikan dengan:
    1) semakin berkembangnya usaha-usaha produksi;
    2) terciptanya berbagai pembaruan yang lebih produktif dan efisien di segala bidang;
    3) sektor produksi merupakan sektor dominan yang memacu pertumbuhan ekonomi; serta
    4) semakin meningkatnya pendapatan perkapita dan pendapatan nasional.
d . Tahap Gerak Menuju Kematangan (Drive for Maturity Stage) Dicirikan dengan:
    1) sektor ekonomi mengalami pertumbuhan yang terus menerus;
    2) penggunaan teknologi modern pada masyarakat semakin meluas;
    3) semakin mantapnya struktur ekonomi negara;
    4) negara mampu menginvestasikan pendapatan nasionalnya; serta
    5) industri modern semakin berkembang, terutama industri yang padat modal.
e. Tahap Konsumsi Massa Tinggi (Age of High Mass Consumption Stage) Dicirikan dengan:
    1) semakin meningkatnya pendapatan masyarakat, sehingga mampu memenuhi kebutuhan hingga pada tingkat pemenuhan kebutuhan sekunder bahkan tersier
    2) perkembangan industri mencapai tahap tertinggi dengan kemampuan sumber daya manusia yang sudah mencapai taraf ahli.

2.5   Persebaran Negara Berkembang di dunia
1.
Algeria
19.
Cape Verde
37.
Liberia
2.
Djibouti
20.
Republik Afrika Tengah
38.
Madagaskar
3.
Mesir
21.
Chad
39.
Malawi
4.
Djibouti
22.
Komoro
40.
Mali
5.
Libya
23.
Republik Demokratik Kongo
41.
Mauritus
6.
Mauritania
24.
Republik Kongo
42.
Mazambik
7.
Maroko
25.
Ivory Coast
43.
Namibia
8.
Sudan
26.
Guinea Khatulistiwa
44.
Niger
9.
Sudan Selatan
27.
Eritrea
45.
Nigeria
10.
Tunisia
28.
Ethiopia
46.
Rwanda
11.
Angola
29.
Gabon
47.
Sao Tome and Principe
12.
Benin
30.
Gambia
48.
Senegal
13.
Botswana
31.
Ghana
49.
Seychelles
14.
Burkina Faso
32.
Guinea
50.
Sierra Leone
15.
Burundi
33.
Guinea-Bissau
51.
Afrika Selatan
16.
Kamerun
34.
Kenya
52.
Liberia
17.
Swaziland
35.
Togo
53.
Zambia
18.
Tanzania
36.
Uganda
54.
Zimbabwe
Daftar negara berkembang di benua Afrika


Daftar negara berkembang di Amerika
1.
Antigua dan Barbuda
12.
Republik Dominika
23.
Panama
2.
Argentina
13.
Ekuador
24.
Paraguay
3.
Bahama
14.
El Salvador
25.
Peru
4.
Barbados
15.
Grenada
26.
St. Kitts and Nevis
5.
Belize
16.
Guatemala
27.
St. Lucia
6.
Bolivia
17.
Guyana
28.
St. Vincent and the Grenadines
7.
Brazil
18.
Haiti
29.
Suriname
8.
Chili
19.
Honduras
30.
Trinidad and Tobago
9.
Kolombia
20.
Jamaika
31.
Uruguay
10.
Kosta Rika
21.
Meksiko
32.
Venezuela
11.
Dominika
22.
Nikaragua

Daftar negara berkembang di Asia
1.
Armenia
18.
Indonesia
35.
Tuvalu
2.
Azerbaijan
19.
Kribati
36.
Vanuatu
3.
Kazakstan
20.
Korea Utara
37.
Vietnam
4.
Kirgistan
21.
Laos
38.
Bahrain
5.
Mongolia
22.
39.
Iran
6.
Rusia
23.
Maldives
40.
Irak
7.
Tajikistan
24.
Myanmar
41.
Yordania
8.
Turkmenistan
25.
Nepal
42.
Kuwait
9.
Uzbekistan
26.
Pakistan
43.
Libanon
10.
Afghanistan
27.
Papua Nugini
44.
Oman
11.
Bangladesh
28.
Filipina
45.
Qatar
12.
Bhutan
29.
Samoa
46.
Arab Saudi
13.
BruneiDarussalam
30.
Solomon
47.
Suriah
14.
31.
Sri Lanka
48.
Yaman
15.
Cina
32.
49.
Uni Emirat Arab
16.
Fiji
33.

17.
India
34.
Tonga

2.6  Profil Beberapa Negara Berkembang di dunia
a.    Negara Mesir (Afrika)
Nama internasional                 : Arab Republic of Egypt
Luas wilayah                           : ± 1.001.449 km²
Ibu kota                                   : Kairo
Bentuk pemrintahan                : republik
Merdeka                                  : 28 Februari 1922
Kepala negara                         : presiden
Kepala pemerintahan              : perdana menteri
Lagu kebangsaan                    : Hanian Betuda to Samil Makam
Mata uang                               : pound Mesir
Bahasa Resmi                          : Arab, Inggris, dan Perancis
Jumlah penduduk                    : ± 69.536,644 jiwa (tahun 2002)
Agama                                     : Islam (mayoritas)
Pendapatan per kapita             : US $3.560
Letak astronomis                     : 22°LU - 31°30’LU dan 25°BT - 36°BT
Usia harapan hidup                 : 68 tahun
Batas-batas negara
- Utara      : Laut Tengah
- Selatan   : Sudan
- Barat      : Libya
- Timur     : Laut Merah
Pada tahun 2003, jumlah penduduk Mesir sebanyak 69.536.644 jiwa dengan laju pertambahan penduduk rata-rata 2,9% per tahun. Angka kelahiran 38 dan angka kematian 9 orang per 1000 penduduk per tahun.
Penyebaran penduduk Mesir tidak merata. Mereka cenderung berdiam di lembah dan delta Sungai Nil. Tempat ini merupakan kawasan padat penduduk (55 orang per km²). Penduduk Mesir terdiri atas orang Arab Nabia dan Hamit. Petani Mesir disebut Fellah.
Perekonomian Mesir masih sangat tergantung pada sektor pertanian, di samping pertambangan minyak dan gas bumi.
Sektor-sektor yang lain, seperti sektor pariwisata dan transportasi, sangat besar andilnya dalam membangun perekonomian Mesir. Sektor transportasi misalnya berupa pemasukan devisa yang diperoleh di Terusan Suez.
Sektor pertanian di Mesir berkembang dengan pesat. Agar pertanian meningkat dibangun beberapa bendungan untuk keperluan irigasi.
b.      Negara Kenya (Afrika)
Berdasarkan letak astronomisnya, Kenya terletak antara LU-4t LS die ant BT. Menurut letak geografisnya Kenya terletak di kawasan Afrika Timur. 
A. Keadaan Alam
Republik Kenya merupakan negara yang berada di kawasan Afrika Tiamer lah utara Kenya berbatasan dengan negara Etiopia dan Sudan. Di sebelabi tamet lidap berbatasan dengan Somalia dan Samudra Hindia. Di sebelah selatan Kenya dengan negara Tanzania. 

Di sebelah barat Kenya berbatasan dengan negara Upemik, sebelah barat daya wilayah Kenya berupa dataran tinggi dan pegunungan.Kenya merupakan gunung tertinggi kedua di Benua Afrika (5.193 m). Di bat!ja han Kenya terdapat Gunung Elgon. Lereng gunung itu sangat baik untuk pertanian. 

Di sebelah barat daya Gunung Elgon terdapat Danau Victoria. Danau tersebut arew jadi milik tiga negara, yakni negara Kenya, dganda, dan Tanzania. 

Dari pantai selatan membentang ke arah utara dan barat dijumpai belukar, vaint kawasan yang terdiri atas pepohonan rendah, semak, serta tumbuhan perdu. Di Kerwa terdapat dua buah sungai besar, yakni Sungai Tana dan Sungai Athi yang mengalir ke arah timur dan bermuara di Samudra Hindia. 

Kenya terletak di daerah khatulistiwa sehingga Kenya beriklim tropis. Daerah tanah tinggi di Kenya beriklim sedang, sedangkan daerah pantai beriklim panas yang lembap. Daerah sebelah utara Danau Rudolf beriklim panas dan kering. Daerah Kenya yang paling banyak mendapat hujan adalah daerah pantai timur. Di daerah pedalaman Kenya j arang turun huj an (daerahnya berupa sabana). 

B. Budaya
Budaya penduduk Kenya tergolong masih sederhana. Adat-istiadat dan corak kehidupan penduduk masih bersifat tradisional. Kesederhanaan suku bangsa Kenya terlihat pada suku bangsa Masai yang mendiami Kenya Tengah.

Mereka membuat rumah dari lumpur yang dicampur dengan kotoran lembu. Karena kehidupan mereka masih berpindah-pindah, rumah yang akan mereka tinggalkan dihancurkan terlebih dahulu. Penduduk Kenya yang bertempat tinggal di kota telah mendapat pengaruh kebu-dayaan dari luar.
 
C. Perekonomian

1) Pertanian Kenya termasuk negara agraris. Pemerintah Kenya berupaya meningkatkan produksi pertanian, terutama tanaman ekspor. Hasil-hasil pertanian Kenya, antara lain, kopi, sisal, dan piretrum. Kenya merupakan penghasil piretrum terbesar di dunia. Piretrum adalah bahan campuran insektisida.
 
2) Peternakan Kenya merupakan salah satu negara di Benua Afrika yang banyak memelihara ternak lembu perah. Hasil utama peternakan Kenya adalah susu. Di samping lembu perah di Kenya banyak pula diternak kambing, domba, dan unta. Unta. Kenya terutama digunakan sebagai binatang beban.
 
3) PertambanganSektor pertambangan Kenya kurang begitu maju karena sebagian besar hasil tambang yang dihasilkan berupa bahan jenis logam. Hasil tambang Kenya meliputi gas bumi, asbes. mika. perak. dan baja. Tambang minyak terdapat di Lembah Tana. Industri Kenya terutama industri yang mengolah hasil pertanian (industri agraria). 

c.       Negara Meksiko (Amerika Tengah)
Negara Meksiko adalah salah satu negara berkembang di benua Amerika. Nama asli negara tersebut adalah Estados Unidos Mexicanos. Meksiko beribukota di Meksiko City, dengan mata uang Peso dan menggunakan bahasa nasional bahasa spanyol. Penduduk asli bangsa Meksiko adalah suku Indian bangsa Aztec.
Secara astronomis, Meksiko terletak di lintang 14˚ dan 33˚ N, dan bujur 86˚ dan 119˚ W di Amerika Utara. Di wilayah timur, Meksiko berbatasan langsung dengan Teluk Meksiko. Sebelah utara berbatasan dengan Amerika Serikat, sedangkan di sebelah barat terbentang luas Samudera Pasifik. Wilayah tenggara berupa dataran rendah disepanjang pesisir dan semanjung Yukatan.
Negara ini memiliki luas wilayah 1.964.382 km2 dengan jumlah penduduk di negara tersebut  sebanyak 112,3 juta jiwa (2010) dan penduduk di kota sebanyak 8.591.309 jiwa. Meksiko City mendapat urutan ke enam di dunia dan urutan pertama di Amerika Utara sebagai kota dengan penduduk terpadat.
Meksiko memiliki pasar bebas, sehingga ia mendapatkan pendapatan perkapita tertinggi diseluruh Amerika Latin. Menurut data pada tahun 2010, pendapatan perkapita Negara Meksiko adalah $9,330.
Mata pencarian utama penduduk Meksiko pada awalnya adalah dalam bidang pertanian, namun seiring berjalannya pembangunan, negara Meksiko menjadi negara dengan hasil tambang yang cukup besar. Meksiko menjadi eksportir perak terbesar dan cukup diperhitungkan di dunia. Selain itu, Meksiko juga menjadi salah 1 negara dari 10 negara di dunia yang berprofesi sebagai penghasil minyak bumi terbesar.
            Hasil pertanian negara tersebut antara lain, jagung, kopi, katun, gula, sisal, dan pisang. Dibidang industri terdapat baja, kimia, elektronik, tekstil, semen. Sedangkan sumber daya alam di negara tersebut antara lain berupa minyak, perak, tembaga, emas, timah, seng, gas, dan kayu. Meksiko juga sebagai negara kedua di dunia ekosistem, menjadi rumah 34 ekosistem, taman, dan monumen. Terdapat 17 suaka dan 26 area flora fauna yang dilindungi.
Iklim wilayah Meksiko membujur dari utara ke selatan, sehingga memiliki tiga iklim yang beragam, yaitu :
1)  Iklim subtropis, Meksiko bagian utara.
2)  Iklim kontinental, Meksiko bagian tengah.
3)  Iklim tropis, Meksiko bagian selatan.
3. Perekonomian Negara Meksiko
Berikut adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan di Meksiko :
1)   Pertanian. Hasilnya adalah minyak kelapa sawit, kapas, beras, coklat, kopi, jagung, tebu, kurma, kacang, dll.
2)   Peternakan dan perikanan. Hewan yang diternakan adalah sapi, babi, domba, kuda, keledai, dan ayam. Hasilnya adalah susu, mentega, keju, daging, telur, dll. Hasil perikanannya adalah Ikan tuna, sarden, dan udang.
3)   Pertambangan. Hasilnya adalah perak, air raksa, emas, timah, belerang, tembaga, mangan, dan minyak bumi.
4)   Perindustrian. Jenis industrinya adalah tekstil, baja, dan pengolahan batu gamping. Hasilnya adalah bahan kimia, barang elektronik, karet, dll.
5)   Perdagangan. Ekspornya adalah Barang mentah hasil pertanian dan minyak. Impornya adalah mesin-mesin dan peralatan, bahan mentah, dan bahan pangan.
6)   Transportasi. Jaringan transportasi di Meksiko sudah baik.
7)   Pariwisata. Objek wisata di Meksiko antara lain pantai Acapulco yang telah terkenal di dunia.

4. Pemerintahan Negara Meksiko
Meksiko adalah republik, kepala Negara dan kepala pemerintahan adalah Presiden. Meksiko terdiri dari 31 negara bagian dan 1 distrik federal. Enrique Peña Nieto  adalah presiden Meksiko saat ini
5. Keadaan Sosial Budaya
Kebudayaan Meksiko tergolong maju. Di bidang sastra, Meksiko merupakan salah satu negara yang memiliki hasil sastra  paling kaya. Sebagai contoh, kesusastran Nahuati yang mengisahkan nasihat orang tua terhadap anak-anaknya.
a. Musik
Mungkin pernah mendengar lagu Besame Mucho. Sebuah lagu bernuansakan gitar dan suara  dari Amerika Latin. Besame Mucho adalah lagu dari Meksiko, sebuah negara yang memiliki sejarah musik yang unik. Musik Meksiko memiliki latar belakang penggabungan dari musik Spanyol, Afrika, Aztec dan Amerika. Namun dalam perkembangannya Meksiko memiliki cita rasa tersendiri  dan kekhasan dari musiknya. Berikut beberapa jenis Musik Meksiko
1. Corrido
Banyak musik yang berasal dari kalangan bawah. Sebut saja Rap, Blues dan Jazz. Corrido adalah salah satunya. Jenis musiknya hampir seperti musik balada, bahkan dalam awal kemunculannya, Corrido adalah sebuah pembacaan puisi yang diiringi oleh musik
2. Ranchera
Ranchera berasal dari Abad 19. Ranchera adalah musik yang diciptakan oleh para petani. Biasanya Ranchera bertemakan tentang cinta, patriotisme dan alam. Pada awalnya Ranchera dimainkan dengan satu gitar. Ranchera adalah jenis musik yang biasanya dipakai untuk berdansa.
3. Mexican Rock
Gerakan musik rock di meksiko bermula ketika diselenggarakannya Festival de Avandaro pada 11 September 1971. Ini adalah festival rock di Meksiko yang disebut-sebut sebagai “Woodstock from Mexico”.
b. Tarian
Tarian dari Meksiko tetap berbau latin, salah satu tarian Meksiko yang terkenal adalah  Mexican Hat dance. Mexican Hat dance (tari topi Meksiko) merupakan salah satu bentuk tarian yang paling populer di seluruh dunia dan juga dianggap Tarian Nasional Meksiko. Tari topi muncul selama revolusi dan sebagai simbol dari persatuan nasional. Hal ini telah menjadi sesuatu yang penting dalam hati dan pikiran orang Meksiko baik di dalam maupun di luar Meksiko sebagai ikon pemersatu yang membawa tradisi mereka ke depan.
c. Perfilman
Meksiko merupakan penghasil film Telenovela yang terkenal di Dunia. Telenovela merupakan film yang cukup mengambil antusiasme penonton dunia selain Hollywood dari Amerika dan Bollywood.

d.      Negara Brazil (Amerika Selatan)
Negara                                   : Brazil
Ibu kota                                  : Brasilia
Luas wilayah                         : 8.547.404 km2
Bentuk pemerintahan         : Republik Federasi
Jumlah penduduk               : 184.101.110 jiwa
Lagu kebangsaan               : “Dengarlah Tangisnya Iparanga”
Bahasa                                  : Portugis
Agama                                   : Katolik
Mata uang                             : Cruzerio Real
             Negara Brasil terdiri dari 23 negara bagian, 3 daerah Khusus, dan satu distrik federal. Kepala Negara dan pemerintahan adalah presiden yang dipilih untuk masa bakti selama 6 tahun.
Dewan pemilihan presiden terdiri atas para anggota kongres nasional dan badan legislatif negara bagian. Kongres nasional terdiri atas dua badan, yaitu senat federal yang merupakan dewan tinggi, dan dewan perwakilan atau dewan rendah. Setiap negara bagian memilih tiga orang senator untuk masa bakti 8 tahun, sedangkan anggota dewan perwakilan dipilih untuk masa bakti 4 tahun.
             Kenampakan alam sebagian besar wilayah Negara Brasil berupa dataran tinggi dan lembah-lembah sungai. Wilayah ini terbentang dari garis Khatulistiwa sampai ke wilayah garis balik selatan. Hampir separuh wilayah Brasil adalah Lembah Amazon yang panas. Lembah Amazon ini berupa bentangan hutan dan air yang amat luas. Daerah ini merupakan daerah yang paling jarang penduduknya.
a. Dataran Rendah: Daerah timur laut berupa daerah plato yang dikelilingi oleh dataran rendah pantai yang sempit. Daerah ini merupakan daerah yang panas dan sering terjadi kekeringan.
b. Dataran Tinggi: Dataran tinggi tengah merupakan daerah pusat pemukiman penduduk, daerah pertanian, industri, dan perdagangan. Di daerah inilah letak kota Rio De Janeiro dan Sao Paulo.
 Berdasarkan letak astronomisnya, sebagian besar wilayah Negara Brasil beriklim tropis dan hanya sebagian kecil saja yang beriklim sub tropis. Suhu udara terpanas 37,5oC. Terjadi di wilayah timur laut Negara Brasil. Di sebelah selatanya suhu terpanas mencapai sekitar 29oC. Curah hujan paling tinggi mencapai 4.500 mm di daerah selatan kota Sao Paulo. Musim panas terjadi pada bulan November sampai bulan Mei, sedangkan nusim dingin terjadi pada bulan Mei sampai dengan September. Curah hujan rata-rata 2.000 mm setiap tahunnya.
Penduduk Negara Brasil berjumlah 184.101.110 jiwa. Tingkat pertumbuhan penduduknya 2,3% setiap tahunnya, sedangkan kepadatan penduduknya rata-rata 22 jiwa/km2. Penduduk Negara Brasil terdiri dari orang portugis (60%), Mestizo (26%), Afrika (9%), dan lain-lain (2%). Sebagian besar penduduk Negara Brasil tinggal di daerah pedesaan dengan tingkat penghasilan yang belum memuaskan. Kemiskinan dan kekurangan biji masih dialami oleh penduduk Negara Brasil terutama mereka yang tinggal di daerah pedalaman bagian tenggara. Agama yang dianuta sebagian besar penduduk Brasil adalah Katholik (90%), sedangkan agama yang lainnya ialah protestan, yahudi, buddha, dan lain-lain. Bahasa persaruan yang dipergunakan ialah bahasa portugis (resmi) sedangkan bahasa lainnya ialah Inggris, Jerman, dan Italia.

e.       Negara India (Asia)
Republik India merupakan negara di Asia selatan yang berupa semenanjung. Semenajung India berbentuk segitiga yang diapit oleh Laut Arab dan Teluk Benggala. India mendapat julukan Anak Benua Asia. Hal ini disebabkan karena luasnya daratan yang dimiliki oleh Negara India. Luas Negara ini mencapai 3.287.590 km² dan secara Astronomis India terletak di antara 8°04’ LU – 37°18’ LU dan 68°07’ BT – 97°24’ BT.
Dalam bidang perekonomiannya, kehidupan perekonomian India tergantung pada sektor pertanian. Hal ini senada dengan mayoritas mata pencarian sebagian besar penduduk India yaitu bertani. Untuk meningkatkan produksi pertanian, mulai tahun 1960, India melakukan Revolusi Hijau. Tujuan revolusi hijau ini adalah untuk meningkatkan produksi pertanian dengan cara penggunaan jenis bibit baru dalam bidang pertaniaan. Lahan Pertanian di India sebagian besar di Tanami bahan pangan, terutama padi, gandum,the,tebu, kopi, kapas, lada, karet, dan lain-lain. India juga tercatat sebagai penghasil lada nomor satu dan penghasil the nomor dua di dunia.
Dalam sektor peternakan, peternakan juga turut membantu perekonomian India. Hewan ternak yang diusahakan adalah kambing dan domba. Ternak domba lebih diutamakan terutama untuk menghasilkan wol.
Di sektor Industri, cukup banyak tenaga kerja yang terserap. Jenis Industri yang utama di India adalah Industri tekstil. Industri tekstil yang terbesar di India terdapat di Bombay dan Madras.
Di sektor pertambangan, India cukup kaya akan sumber daya alam berupa mineral. Untuk mengali sumber alamnya, India berkerja sama dengan beberapa Negara maju. Barang tambang yang terdapat dalam jumlah besar di India adalah mangan dan bijih besi. India tercatat sebagai penghasil baja nomor tujuh di dunia.
Dalam sektor perdagangannya, India menjalin hubungan dagang yang baik dengan negara -negara maju seperti Amerika serikat, negara – negara di eropa, jepang dan lain-lain. India mengekspor tekstil, teh,bijih besi,mangan, mika, hasil kerajinan kulit dan lain-lain. Adapun impornya berupa mesin-mesin, bahan-bahan kimia, gandum, kertas dan lain-lain.









BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari uraian diatas, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa negara berkembang adalah istilah yang umum digunakan untuk menjelaskan suatu negara dengan kesejahteraan material tingkat rendah. Karena tidak ada definisi tetap negara berkembang yang diakui secara internasional, tingkat pembangunan bisa saja bervariasi di dalam negara berkembang tersebut. Sejumlah negara berkembang memiliki standar hidup rata-rata yang tinggi. Negara yang memiliki ekonomi yang lebih maju daripada negara berkembang lainnya, namun tidak sepenuhnya menampakkan tanda-tanda negara maju dikelompokkan dalam istilah negara industri baru
Salah satu ciri dari negara berkembang adalah sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai petani. Kegiatan pertanian yang dilakukan masih menggunakan peralatan tradisional, dan mengandalkan tenaga hewan dan manusia. Hal ini berkaitan dengan teori perkembangan dan pertumbuhan yang dikemukakan oleh W. W. Rostow mengenali lima tahap perkembangan suatu negara. Maka, sebaiknya negara berkembang dapat menerapkan teori tersebut apabila menginginkan negaranya yang sejahtera.
Dalam era globalisasi seperti saat ini, kamajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berpengaruh terhadap kemajuan suatu negara. Oleh karena itu termasuk sebagai negara berkembang dapat dilihat dari kemajuan teknologi dan hasil pembangunannya.
3.2  Saran

Setelah kesimpulan yang penulis peroleh dari karya tulis ini, maka penulis berharap semoga karya tulis ini bermanfaat bagi semua pihak.
Besar harapan penulis apabila karya tulis ini memahami apa yang telah diuraikan, sehingga para pembaca merasa tahu bahwa uraian tentang negara berkembang itu sangat berguna bagi semua lapisan masyarakat. Oleh Karena itu, bangkitlah menjadi negara yang maju supaya dapat menyejahterakan rakyatnya.
Penelitian ini masih dirasa banyak kekurangan karena tak ada gading yang tak retak untuk itu saya mohon maaf. Semoga penelitian ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

DAFTAR PUSTAKA
Karya tulis ini diambil dari sumber internet maupun sepengetahuan kami pada saat belajar dikelas maupun di luar kelas.
1. Wadiyatmoko, K. 2014, Geografi  untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Penerbit Erlangga
2. Sobandi, I. D. 2015, Mandiri Geografi untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Penerbit Erlangga


No comments:

Post a Comment